Tingkatkan Layanan Internet, ICT SMA Negeri 1 Brebes lakukan migrasi ke Fiber Optik

Internet merupakan sebuah kebutuhan dizaman yang serba IT ini. Tentunya di SMA Negeri 1 Brebes yang merupakan sekolah rujukan terus menerus melakukan perbaikan serta pengembangan dalam bidang IT, diantaranya dengan migrasi backbone dari yang sebelumnya menggunakan kabel UTP menjadi menggunakan kabel Fiber Optik.

Migrasi kabel fiber optik sangat penting, melihat dari trafik data yang semakin besar. Selain itu, menggunakan Fiber Optik juga dapat mengurangi resiko tersambar petir.

“Kami melakukan perubahan backbone ini karena melihat dari pengalaman yang pernah terjadi yaitu tersambar petir sehingga menyebabkan core router kami mati dan berimbas pada matinya internet satu sekolah. karena UTP merupakan kabel tembaga yang teraliri listrik, sehingga apabila salah satu titik terkena petir maka petir tersebut akan menyambar kesemua perangkat yang tersambung. Berbeda dengan kabel Fiber Optik, data dikirimkan melalui cahaya. Sehingga apabila satu titik tersambar petir, tidak menyebabkan matinya seluruh perangkat yang terhubung” Ujar A. Iwan Sri Harto, S.Kom selaku ketua ICT SMA Negeri 1 Brebes.

Ada 5 jalur backbone yang telah tersambung dengan fiber optik, Yaitu backbone dari Data Center menuju ke ruang guru, ruang Tata Usaha, Perpustakaan, Aula, dan juga Laboratorium Komputer Utara. Selain itu juga, jalur uplink menuju internet juga sudah seluruhnya fiber optik. Selain migrasi dari utp menuju fiber optik, ICT SMA Negeri 1 Brebes juga mengganti core switch dengan spesifikasi yang lebih baik. Core Switch yang sebelumnya digunakan, akan dijadikan sebagai switch access yang diletakan di laboratorium komputer utara.

“selama 3 hari kami telah melakukan penarikan kabel fiber optik jenis FTTH untuk digunakan menggantikan backbone lama. Titik yang telah tersambung adalah ruang guru, perpustakaan, ruang tata usaha, aula dan laboratorium komputer utara. Dengan artian seluruh backbone menuju ke berbagai tempat penting telah kami migrasikan menggunakan fiber optik. selain itu juga kami melakukan penggantian core switch dengan spesifikasi yang lebih baik dari sebelumnya. Harapannya penggunaan internet di lingkungan SMA Negeri 1 Brebes menjadi lebih baik. ” ujar Andri Gino A.Md selaku koordinator¬†pelaksana penggantian backbone.

Kegiatan ini juga dibantu oleh Network Engineer yang didatangkan dari Malang dengan tujuan untuk mengawasi migrasi dan penyambungan fiber optik.

“Kami mendatangkan seorang network engineer yang sudah berpengalaman dibidangnya untuk membantu pemasangan dan mengawasi migrasi menggunakan fiber optik ini. Karena dalam penyambungan fiber optik dibutuhkan ketelitian serta keterampilan dalam memasangnya.” ujar Afiat Adi P S.Pd selaku tim ICT SMA Negeri 1 Brebes (imm)

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply